Wednesday, August 29, 2007

Pay It Forward

Siang ini aku sempetin liat Oprah di Metro. Sambungan dari yang kemaren, dimana Oprah kasih semua penontonnya uang seribu dollar dari bank of America dan uang itu harus dipakai untuk menolong orang lain yang bukan anggota keluarganya. Hari ini, sambungan dari kemaren, dimana akhirnya Oprah nayangin hasil pemberiannya. Dari yang seribu dollar itu bisa jadi 60ribu. Ada yang bisa jadi 70ribu bahkan ada yang bisa sampe 200ribu. Ini terjadi karena mereka menolong sesama dan kemudian mereka menggerakkan hati orang lain untuk memberikan sedikit dari penghasilannya untuk bersama-sama menolong.

Yang paling berkesan buatku adalah ada seorang ibu yang kena tindak kejahatan dan diselamatkan oleh sebuah badan di Amrik sana, dan dia berhasil hidup. Padahal lukanya parah banget. Akhirnya, ditambah uangnya 1600 (jadi 2600US$), dia kasih uangnya itu untuk salah seorang korban luka tembak parah di bagian muka yang ada di badan negara yang nyelamatin dia dulu. Juga ketika seorang ibu yang kasih tiket untuk mereka yang jarang negok keluarganya yang sakit di Hawaii.

Yang kurang berkesan adalah orang yang membagikan uang pemberian Oprah itu gitu aja. Misal untuk tips yang gede (di tayangannya dia pesen pizza seharga 18US$ dikasih 200an US$) atau dikasih gitu aja ketika dia lagi isi bensin atau belanja.

Tapi apapun tindakan mereka, prinsip Pay It Forward itu yang mestinya kita pegang.

Jadi inget filmnya. Kalau kita dapet 1 kebaikan, kita mesti balas dengan 3 kebaikan. Wow...prinsip yang sederhana tapi bagus banget.
Kalau aja tiap orang punya prinsip ini, apa ya jadinya dunia?

No comments: