Tuesday, September 18, 2007

3 negara - 7 kota - darat - laut- udara (Part 3 : 6 September - 11 September, The End)

Belanja dan Belanja
Besoknya jam 9an kita sarapan. Kalo kemaren kita berdua masing-masing makan 2 lembar roti pake 2 telor dan selembar bacoon, kali ini Aa makan yang sama, tapi aku makan pancake. Enak juga.

Abis itu, kita pergi ke Siam Discovery sebelum ke MBK.
Waktu turun dari bis, kita liat jajanan Thailand. Menarik hati. Sayang, kita dah makan dan
lagian mo jalan-jalan ke mal. Padahal kabita banget. Abis foto yang jualan, kita naek
jembatan penyebrangan ke Siam Center Station. Karena hari ini kita nyantai, jadi kita
foto-foto dulu, hahahaha....
Sampe di Siam Center belum buka. Baru buka jam 10, sementara kita dah dateng jam 9.30an.
Jadilah nunggu di depannya sampe buka.
Begitu buka, kita masuk.Yah, kirain kayak apa, ternyata mall biasa. Kuciwa deh.
Akhirnya jalan-jalan doang, trus liat Siam Discovery yang cuman ada bioskop di lantai atasnya, trus ke toko buku deh. Toko buku ASIA. Liat buku tentang Thailand bagus-bagus, sayang mahal, hehe... Tapi akhirnya beli buku tentang tubuh manusia gitu. Bagus. Jelasin tentang semua sistem di tubuh manusia. Lumayan buat belajar kami dan anak kami nanti,
hehehe...

Di toko buku itu lumayan lama juga, sambil nunggu MBK buka. Abis beli buku, trus kita nyebrang ke MBK. Masuk dari departement store yang lebih mewah (yaaah...setara Metro lah), liat harga gantungan kunci dan lain-lain untuk perbandingan, biar kita nawarnya ga sampe dilemparin, hihihi... Liat mug dari besi ntah tembaga ntah apa lah namanya, pokoknya keren, dijual 990 Baht. Wah kok lebih murah?Padahal kemaren ini waktu liat di MBKnya dia jual 1250 Baht. Ya udah, kalo ntar ga dapet harga segitu, kita beli di situ aja. Liat ini itu bentar trus ke MBK-nya.

Muter-muter liat kaos dan yang lain semua dipatok dengan harga 99, ntah ada angka berapa di
depan angka 99 itu, pokoknya angka belakangnya 99. Liat kaos segitu juga. Pertama yang kita beli adalah baju untuk ibu-ibu. Dia kasih di 199, ga bisa diskon. Kita dah seneng, tapi kok ga turun ya?Ya udah, liat yang laen, tapi baju yang sama, untuk ukuran XL harganya 299. Wah berarti yang tadi aja.... Tapi keliling dulu sambil cari yang laen.
Liat kaos, mo nanya, yang jualnya ga ada. Ditawarin tapi biarpun kita beli banyak ga diskon.
Wah cari aaaahhh yang ada diskonan. Akhirnya nemu. Di satu kios gitu, pas kita liat dan
tanya ada diskon. Lumayan laaahh... Karena kita beli lebih dari 10, dia kasih 80 Baht. Aku
tawar 75 dia ga mau. Katanya kalo beli 20 baru bisa. Wadow, berat banget lah kalo 20,
hehehe... Ya udah, pilih-pilih 12 biji, trus ternyata dia juga jual yang laen. AKhirnya kita
beli gantungan kunci gajah yang lucu ma dupa pesenan Sanny juga disitu. Kan enak kalo
sekalian banyak, nawarnya sekalian gitu... Disitu lumayan juga dapet banyak.
Keliling lagi mo cari tas. Liat yang cocok untuk sodara-sodara perempuan, da yang laki-laki
ma temen Aa beres dengan kaos tadi. Ada yang kita liat bagus, ga ada penjualnya. Jalan lagi
akhirnya nemu yang ada penjualnya. Beli 5 tas biksu. Tadinya mo beli 10 ama buat temen-temen di Banjar, tapi karena harganya mahal, jadi 5 aja buat sodara aja. Yang 5 lagi ntar
dipikirin lagi. Lagi mo bayar tas, ternyata ada juga mug yang tadi kita liat di department
store itu. Kita tawar, dapet di harga kurang dari yang tadi. Sekalian liat gajah pesenan
Anto. Belilah semua disitu. Wah...buat sodara-sodara beres, buat ponakan ma ortu belum
niii....AKhirnya buat ibu, kita kembali ke tempat yang ga bisa ditawar tadi. Beli 2 dengan model
sama cuman warna yang dikit beda. Beres.
Buat Kiki ma Gaby, dari kemaren kita dah ngeceng baju gajah. Lucu. Akhirnya di suatu toko,
kita beli 2. Sekalian buat David. Pas liat ke dalem, eh ada rok lucu, jadilah beli buatku,
hehehe....
Udah semua, wah tinggal yang buat temen cewe nii... Apa ya?Liat kanan-kiri, akhirnya
diputusin beli tempat tissue aja. Balik lagi ke toko kaos, ternyata mbaknya lagi makan. Tapi
dia trus ngelayanin kita. Kita beli tempat tissue itu 5 sama sarung bantal buat di rumah
kita. Dia bilang "kita banyak temen, makanya banyak belanja." Iya mbaakk...
Beres semua. Tangan dah penuh belanjaan. Tinggal pulang. Jalan-jalan ke sana sini, Aa masih penasaran dengan jam. Ternyata bagusan di Singapur. Aa kayaknya agak nyesel. Tapi ya udah, ntar kalo kita balik ke Singapur, kita beli. Ato titip ZsuZsu aja, hahahaha....

Nunggu jam 6 sore kita kukulintingan. Rencananya kita mo makan di KFC trus balik ke hotel.
Jam 6.30, kita turun dan makan di KFC. Sayang sebenernya kita makan di tempat kayak gitu,
tapi mo gimana lagi, perut dah ga bisa terima masakan yang berbau nyengat. Makan KFC nya
dinikmati soalnya juga dah tinggal pulang.
Nunggu bis di depan MBK. Karena no. 47 memang agak jarang, akhirnya sambil liat orang-orang.
Waktu nunggu itu, ada bule ditawarin tuktuk. Dia bilang OK 100 Baht tapi tanpa stop.
Waah...yang ditipu ternyata bukan cuma kita, makanya tuh bule OK asal ga di stop disembarang tempat. Wah..waaahh...mending naek bis dah. Udah cuman 7 Baht, ga diturunin di jalan pula.
Sampe hotel dah agak malem. Liat foto, edit, trus mandi dan bobo. Besok mesti bangun subuh
niii....

Bangkok-Singapur-Batam
Tadi malem ga bisa tidur, mungkin karena kita mesti bangun subuh dan takut ga bangun, jadi
tidurnya ga nyenyak. Bentar-bentar bangun. Ternyata kalo malem gitu, gandeng. Karena
lantenya parquet (kayu), jadi orang jalan kedengeran. Dan orang emang baru pulang jam 2,
jedag-jedug bikin kita ga enak tidur. Ternyataaa...orang-orang teh pada ngalong.
Jam 3 kita dah bangun dan mandi. Jam 3.45 kita cek out dan nunggu di lobby orang yang akan
jemput kita. Jam 4 lebih dia baru dateng. Kita keluar gang, dan ternyata bule-bule masih
banyak yang 'idup'. Liat di sebrang ada yang teler sampe ga bisa bangun. Ada yang
ngumpul-ngumpul sama temen-temennya, ada yang kelaperan. Ada PadThai. Hiks, pengen, tapi masih pagi. Yang lucu, di depan kita ada yang jual Padthai, ada orang mo beli tapi dia ga
ngelayanin, pergi ke tukang yang satunya lagi, tukangnya tidur dan ga bangun. Di tukang
berikutnya dia ga dapet juga, akhirnya ga jadi. Ternyata yang didepan kita itu, yang nunggu
bukan yang jualan, makanya dia ga bisa ngejualin. Setelah yang jualan dateng, ada orang yang
beli baru dilayanin. Orang yang beli itu trus ngambil bumbu-bumbu dan dikasihin ke tukangnya
untuk dicampurin. Wah, untung ga beli, ga ngerti juga tuh bumbu apaan. Hehe..rasionalisasi
aja.

Jam 5 kurang kita dijemput. Dapet tempat di depan, jadi liatin jalanan yang lengang. Sampe
di deket Suvarnabhumi juga cepet. Banyak lampu, wwwuiii senengnya. Trus masuk dan culang cileung karena gueedee banget. Liat line AirAsia masih belum pada buka. Liat ada yang antri, akhirnya ikut antri di line itu. Aa antri, aku liat ke line lain, ternyata ada counter yang bisa cek in tanpa bagasi. Ya udah, kita cek in disitu. Lama juga mbaknya masukin datanya. Lagi nunggu gitu, tiba-tiba ada orang yang bete dan ngomong kalo tiket kok cuman kayak gitu dan ga ada gunanya.
Abis selesei di situ, kita masuk ke bagian imigrasi. Liat yang kosong, aku antri, ternyata
di depanku itu yang mo berangkat 6 orang, tapi yang antri cuman 3 orang, waaahh...diselain
banyak nii...Aa dah pindah dari tadi-tadi. AKhirnya aku ikut Aa. Beres di imigrasi langsung
masuk ke ruang tunggu. Waaahh...masih kosong. Baru kita sendirian.

Makanin intip yang dibawain Ulan trus minum dari tubdrink itu. Diiingggiiinnnn banget, sampe
giginya sakit. Udah mah subuh, AC, bahan di sekitar ruang tunggu dari steinless, jadilah
dingin banget. Tapi kok seger juga ya?Hehehe...
Setelah jam-nya dan yang dateng juga dah banyak, boarding lah kita. Duduk di tempat yang agak depan karena kita mesti turun cepet-cepet biar sampe Singapur langsung dapet antrian di depan di imigrasinya. Hari ini kita punya waktu 4 jam dari turun pesawat di Singapur sampe naik pesawat di Batam.

Itungan kita si sampe, tapi ga tau juga. Yang penting usaha.
Sampe Singapur kita buru-buru ke bagian imigrasi. Dapet paling depan, dan trus lari-lari ke
train untuk ke terminal 2 dan naek MRT. Saking gedenya Changi, kita bingung arah-arahnya.
Jadi aja kita berdua kadang bernada keras karena nunjuk sesuatu. MRT harus ganti 2 kali. Yang di Outram Park yang gede dan mesti jalan jauh untuk ganti MRT ke Harbourfront. Lari-lari.
Sampe Harbourfront, mo ke naek fery bingung juga jalannya. Apalagi Harbourfront bareng sama Mall. Pusing! Mana sempet salah jalan, jadi buang waktu.

Ketinggalan Pesawat
Sampe di BatamFast, mo cek in, ga bisa naek yang jam 11.50 karena kita sampe jam 11.30an,
sementara cek in mesti sejam sebelumnya. Kita bisa naek yang 12.50. Waaahhhh...alamat
ketinggalan pesawat di Batam niii... Aku minta dia usahain untuk masuk yang jam 11.50 ga
bisa. Dia tanya, kita naek pesawat jam berapa, kita bilang 13.20, dia bilang naek yang 12.50
masih bisa. Emang...cuman BatamFast yang mesti cek in sejam sebelumnya?Aku bete banget.
Mulut dah monyong semonyong-monyongnya. Aa juga kesel, tapi mo gimana lagi?
Akhirnya kita pasrah aja. Karena belum makan siang, kita makan siang di Harbourfront. kali ini makan bebek ma milo.
Ahh...lumayan lah... Masih bete tapi dah ga sebete tadi.

Akhirnya naik ferry BatamFast. Ternyata ga terlalu Fast juga. Lebihcepet 10 menit sama Penguin, duluan sampe Penguin. Kita duduk di atas. Angin gede banget. Kita foto-foto sambil
teteleponan ma Anto & Lusy untuk nanya pesawat Batam-Bandung. Akhirnya juga pasrah juga.
Sampe Nongsa, antri di imigrasi. Ga lama. Trus naek taksi ke Hang Nadim. Sampe hang Nadim
pas jam 1.20 saat AirAsia terbang. Yuk dada yuk babai... :-( Liat counter emang dah tutup.

AKhirnya Aa berusaha cari penerbangan tercepat. Aku nunggu di dalem, Aa yang cari pesawat.
Aa masuk ada yang jam 3, Batavia ma Lion waiting list. AirAsia jam 6 juga waiting list.
Semuanya kena di harga 700an. Setelah ngobrol sana sini dan juga cek AirAsia buat besok yang
ternyata cuman ada untuk yang jam 6, akhirnya kita putusin untuk nginep dulu di Batam dan
cari penerbangan terpagi. Tanya temen Aa, katanya hotel yang paling deket di Mercure. Cari
pesawat pagi, akhirnya dapet Garuda yang emang sisa 2 seat lagi. Untung saat itu kita
langsung beli, soalnya pas kita beli ada orang cari juga untuk waktu yang sama.
Dapet tiket Garuda, kita ngacir ke hotel Mercure. kata temennya Aa, sekitar 300-400 ribu.
Pas kita liat wah mewah banget, kita jadi ga yakin harga segitu, apalagi pas buka kartu
dibuka di 600, waah... Masuk ke hotel, kamarnya asiiikkk banget. Waaahh...kita jadinya honeymoon disini deh.
Soalnya hotelnya paling OK. Kamar mandinya bagus, tempat tidurnya bagus, ah pokoknya asik
deh.... Pas Aa liat HP, ternyata Aa dapet telepon, mungkin dari Batavia. Tapi sudahlah, kita
dah mutusin. Kita nikmatin diem di hotel. Dah lama aku ga chatting. Chatting ma Winnie & Femmy ma cek imel sampe agak sore. Trus mandi, trus mo cari makan malem. Sekalian nikmatin Batam yang gersang, hehehe...
Liat peta hotel, Matahari ga jauh. Di deket Matahari ada tempat makan yang katanya OK. Jadilah kita jalan ke Matahari, ternyata jauh juga, hehehe....
Judul perjalanan ni jadi "jalan kaki lagi dan lagi dan lagi" deh, hahahahaha....
Sampe di Matahari cari tempat makan itu, tapi ga nemu. Akhirnya jalan-jalan bentar trus
makan di Solaria. Aku pesen Fuyung hai yang gede itu. jadinya makannya pelan-pelan dan
dinikmati. Kenyang maksudnya :-p
Abis makan, kita masih jalan-jalan dan ke Hypermart untuk beli kacang buat temen Aa di
kantor.
Abis itu balik ke hotel. Menikmati lagi hotel yang ueeenaaakk tenan, tempat hanimun
sebenernya, hahaha...

Batagor Pinggir Jalan
Besoknya abis sarapan yang enak itu (karena buffet dan bikin ngiler tapi kudu buru-buru jadi
ga bisa sarapan banyak), kita ke bandara.
Waktu mo masuk ruang tunggu, waktu mo ambil tas yang abis di scan, petugasnya bilang kalo
ada 2 gajah. Mula-mula kita nggak ngeh, tapi setelah dia bilang lagi, akhirnya kita ngeh dan
dia tanya kita darimana. Waktu kita bilang dari Thailand, dia bilang "pantes ada gajahnya"
hehehe....

Nunggu di ruang tunggu, liat telepon gratis tapi ga ada pesawatnya :-p gimana mo telepon ya?Dan waktu nunggu tiba-tiba, ada temennya Aa dari Danamon. Yaapp, it's a small world. Bahkan
sampe di Batam aja ketemu yang kita kenal, hehe...

Sebelum naek, seorang petugas bilang kalo tas kita mesti ditaro di bagasi. Halah. Padahal
kemaren-kemaren tas kita juga ditaro di cabin ga papa. Trus orangnya bilang, ini terlalu
besar. ya aaammmpuuunnn mbak, lha itu yang gede dan kotak kok malah gapapa?Kita tuh males naro di bagasi karena mesti nunggu, sementara kita pengennya dah sampe di Bandung
cepet-cepet.
Pas masuk pesawat, aku ditahan pramugarinya karena tasku mesti masuk bagasi. Yah, apa boleh buat. Aku ngomel sepanjang-panjang galah. Ah, ya udah, lha wong ga ada juga ntar yang
diburu-buru. Liat di depan, ada ibu-ibu sibuk menyelamatkan donatnya. Jadi deh nambah komen buat si ibu. Aa dag sat-sut aja. Abis bete.

Garuda terbang cuma dalam waktu 1,5 jam. Wah kok sama AirAsia jauh ya?AirAsia 2,5 jam. Dapet sarapan pula. Hmm...dah lama ga naek Garuda.

Sampe di Bandara Soekarno-Hatta, abis ambil bagasi, kita ke Prima Jasa. Ga ada bis yang jam
11 ato 12. Adanya 12.30. Akhirnya ke X-trans ada yang jam 11.40. Lumayan.
X-Trans berangkat jam 11.45. Sepanjang jalan cuman tidur, cape. Jam 2-an dah bangun dan liat-liat jalan tol. Orang turun di jalan menuju Jalan Sastra, tempat X-Trans berenti. Pas masuk jalan Sastra, di pinggir jalan liat batagor ma cakue mini.
Wah buat makan siang ni lumayan. Akhirnya turun dari X-Trans kita makan batagor dan cakue
dulu. Kangen ma makanan itu. Makanan yang ga ada di Balikpapan. kalo pun ada, ga semurah
ini, hehehe...

Ketemu David & Ga Kemana-mana
Abis makan kita naek angkot ke rumah. Dan kangen ni ma David & Kiki, ponakanku.
Sampe rumah, ternyata David & Kiki lagi pada tidur. Ya udah, ga dibangunin. Kita cerita
seputar Bangkok. Dan sore itu sesorean sampe malem, kita di rumah. Lusy juga dateng. Jadilah
kita ngobrol bareng-bareng.

Besoknya gereja di GEMA. Ketemu Victor&Yuli, Ina&Tio, Yuli&Michael, juga Denta. Trus ngobrol ma Yuli & Victor sambil makan lumpia basah dan batagor. Abis ngobrol ma Yuli & Victor, ngobrol ma Denta soal keilangan N70-nya Denta.
Abis itu ke rumah Aa. Ngobrol sama yang di rumah sambil nunggu jajanan yang lewat,
hehehehe... dan dapetlah Bakso Malang.Yang paling serius cerita ma Iwan, wah kayak pacaran aja, di ruang tamu berdua.Dah malem, waktunya pulang. Besok balik lagi.

Sampe di rumah, ternyata David pulang, jadi ngobrol ber-4, Ibu, Anto, aku, Aa. Aa ngantuk, jadi dia duluan ke kamar. Aku masih cerita sama Ibu & Anto sampe malem. Setelah inget yang sendirian di kamar, aku nyusul. Ternyata Aa masih maen komputer, hehehe...

Bandung-Jakarta-Balikpapan
Jam 10an kita berangkat cari tiket Prima Jasa trus cari plastik baru ke rumah Aa.
Sampe rumah Aa langsung bantuin Ulan jepretin kardus, da dia ada pesenan 250 dus kue ma 250 bungkus nasi kuning. Abis bantuin Ulan, gantian bantuin masukin kerupuk buat Mamah. Lagi bantuin itu, Sabar ma Fusi dateng. Ngobrol bentar trus dia pulang.
Malemnya, kita pesen Hoka Hoka Bento. Yummmyyyy.... Makanan Jepang yang ga ada di
Balikpapan. Sayap ayamnya...hmmm....bakalan kangen sayap ini nih.
Abis makan, kita pulang.
Eh, David di rumah. Besok kita bakalan pulang, bakalan kangen lagi ni ma David & Kiki yang
lucu dan bengil.

Besoknya, pagi-pagi, dianter mas Nanang & Anto, kita ke BSM, naik Prima jasa jam 6.
Di jalan sempet macet, kita takut telat (lagi). Tapi untungnya enggak. Jam 10 kita dah
sampe. Kita naek AirAsia lagi jam 11.15. Abis cek in, kita keluar lagi, makan. Trus masuk lagi ke ruang tunggu.Penuh nih.... Katanya boarding jam 10.45, tapi akhirnya kita baru dipanggil 11.15. Kita masuk bis dan ternyata dibawa ke penerbangan internasional. Tapi pesawatnya belum
dateng. Orang-orang pada ngomel. Orang di sebelah Aa bilang "Maklum...penerbangan murah.." Hihihiiii.... Kita masih nunggu pesawat dateng sampe orang-orang yang turun abis. Keluar
bis, pas mo masuk pesawat, kita mesti nunggu lagi, tiba-tiba ada orang teriak "Udah delay 5
jam, masih juga nunggu lagi. Gimana sih?" Trus aku mikir, emang delay 5 jam ya?Apa mereka
yang delay 5 jam itu karena transit apa kenapa ya? Aku bingung. Hmm...bingung apa oon ya?
:-p Kan sapa tau orang itu berlebihan, hehe... Dan dengan polosnya, aku tanya ma Aa "emang
ada yang delay 5 jam?" Aa cuman senyum aja. Trus aku sadar, kali orang itu hiperbola saking
keselnya.Begitu naek pesawat ga lama pesawat terbang.

2 jam kemudian, sampe deh di Balikpapan.
Abis ambil barang, beli Roti Boy trus pulang.

Sampeee deh di rumah.....

1 comment:

Unknown said...

Halaaah... yang baru jalan-jalan dari luar negri nih....