Thursday, September 13, 2007

3 negara - 7 kota : darat - laut- udara (Part 1 : 31 Agustus - 4 September)

tanggal 31 Agustus - 11 September kemaren, kita berdua punya kesempatan untuk jalan-jalan. Emang udah direncanain dari jauh hari jadi tiket pesawat dari jakarta sampe balik lagi ke jakarta, dah di tangan.

Balikpapan-Jakarta-Depok-Jakarta
31 Agustus. Mulai pagi ujan ga berenti, hiks... Aku cuman berharap supaya ujan berenti. Tapi ujan ga berenti juga, padahal aku nyuci biar ntar kalo pulang dah ga terlalu banyak cuciannya. Akhirnya cucian aku taro aja di garasi. Kalo ntar pas pulang bau tinggal rendem di molto aja. Jam 11.50 ada motor kayak motor Aa. Aku bingung, kenapa Aa dah pulang?kan katanya banyak kerjaan?AKu bilang, boleh deh dia kerja sampe jam 12.30, biar sampe rumah, makan, trus jam 1 siang kita pergi, da pesawatnya take off jam 14.45. Tapi ternyata bukan Aa, hehehe....

Jam 12an, Aa pulang dan ga lama kemudian ujan berenti. Thanks God...
Kita berdua makan siang kue sisa kemaren. Hehe...neg juga, tapi da kudu abis, jadi ya diabisin aja... 12.30 kita berangkat ke bandara pake angkot. Sampe bandara Sepinggan jam 1 siang. Nunggu sejam.

Siang itu bandara penuuuhhh banget, mungkin orang pada mo pulang ke Jawa da begitu panggilan pesawat ke Surabaya, tiba-tiba ruang tunggu agak kosong :-p
Jam 2 lebih kita dipanggil buat boarding. Langsung antri ke-2 dari depan, da biar dapet tempat duduk di depan. Kita duduk di baris ke-4. Menuju Jakarta kita punya waktu 2jam di atas AirAsia. Wah...lama banget...Mana ga dapet makanan pula. Untung kita bawa aer minum. Jadi bisa curi-curi, hehehe.... Akhirnya di pesawat kita tidur aja, daripada laper, hehehe...

Sampe Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta sekitar jam 4 sore. Karena kemaren ini dapet info kalo mo ke Depok naek bis ke Pasar Minggu trus naek angkot, pergilah kita pake yang disarankan. Kita naek bis Damri ke Pasar Minggu. Lama banget, macet. Kita berdua langsung stress dan ambek-ambekan ga puguh. Soalnya udah setaun lebih kita ga nemu macet, jadi begitu dikasih macet, langsung bete, hehehe...

Turun dari bis laper berat, jadilah makan dulu. Waaa...kita nemu sate padang. Asiknyaa...Akhirnya makan sate padang. Yummmyyy!!!Anget deh perut.
Di tempat sate padang itu, kita ketemu sama orang bali yang ternyata dari bandara juga. Dia juga mau ke Depok. Akhirnya, ngobrol bentar sambil nunggu bis yang ke Depok. Kita berangkat jadi bareng-bareng. Tapi dia turun sebelum kita. Kita turun di terminal trus naek angkot. Macet lagi, hiks...Tapi akhirnya sampe juga. Trus jalan. Wah, aku pikir deket, ternyata lumayaaannn... Apalagi bebawa tas. Akhirnya sampe juga ke rumah Ua Mimi. Taro tas, trus ngobrol bentar ma Ulan & Mamah yang udah nyampe duluan. Juga sama Ua Mimi & Aki. Abis itu ke rumah Bi Yayah muguhin buat besok. Tapi ga ada orang, cuman ada Bi Yayah. Mang Ujang lagi ke gedung ma yang laen-laen. Ya udah ngobrol-ngobrol ma Bi Yayah bentar, trus pulang, mandi dan bobo. Cape juga. Tapi banyak nyamuk, jadi agak susah tidur. Tapi untung bisa tidur juga.... Menghadapi esok niii....

Yudha's Wedding Reception

Jam 8 kita mesti dah siap. Seudah semua siap, kita jalan ke rumah Mang Ujang. Dari situ kita berangkat bareng ke TMII. Baru jam 9.30 kita baru berangkat. Lewat jalan yang belok-belok. Anak A Harry yang tadinya ribut aja, tiba-tiba diem dan ternyata mabok, hehehe...
Walopun di tol kelewatan, akhirnya sampe gedung masih kosong juga. Sempet foto-foto trus ga lama keluarga Ua yang laen pada dateng. Teteh-tetehnya nanyain kita, trus aku lanjutin foto lagi ma Ulan.
Acara mulai.
Kita cari-cari makanan stand to stand. Enak-enak juga makanannya. Kita sempet nyoba dimsum, lasagna, baso malang, mie kocok, sate, ma makanan beratnya. Kenyaaaanggg...
Abis foto keluarga, kita keluar. Ngobrol di luar sambil nunggu pulang. Godain Petra ma Andri. Pas jalan mo pulang, di mobil, Andri keingetan kalo kunci koper angpao ada di dia, jadilah kita yang tadinya ga mo ke rumah Meli (istrinya Yudha), akhirnya ke sana juga. Pacarnya Andri, dah bete aja, kecapean. Di rumah Meli juga diem aja, ngobrol bentar trus pulang.
Di rumah, siap-siap mo kembali ke Bandara buat besok pesawat pagi. Abis bebersih muka trus ganti baju, ma teh Rina diajak makan nangka. Duh nangkanya enak banget. Tebel dan manis. Ulan dah kabur karena ada adiknya teh Rina.

Abis itu, disuruh makan, trus berangkat ke Bandara. Kali ini ga pake angkot ke terminal trus naik bis, tapi kita naek kereta api. Untung ada yang mo berenti. Sayang ga ke Gambir keretanya, da kereta ekonomi. Tapi kereta ekonomi juga ga penuh. Kita cuman berdiri bentar trus duduk. Kita turun di stasiun seudah Gambir, trus naek bajaj ke Gambir. Jadilah ngerasain naek bajaj. Sampe di Gambir, ada 1 bis mo ke Bandara. Katanya itu bis terakhir....Hhhhh...untuuuunggg aja, kalo ga bingung deh kita naek apa.

Sampe di Bandara udah jam 8 lebih, trus kita telepon Hotel Elia Bandara, minta dijemput. Ternyata yang jemput emang lagi ada di Bandara. trus kita dijemput. Di dalem mobil, kita ngobrol sama yang kena delay dari Sriwijaya. Mereka yang dari Lampung mestinya berangkat ke Semarang malem itu, tapi kena delay sampe besok pagi. Akhirnya mereka diinepin di Hotel Elia Bandara. Sampe di hotel ternyata banyak yang mo cek in. Untung kita dah booking. Jadi lah kita dapet. Biarpun murah, tapi hotelnya lumayan juga. Sayang di kamar mandinya ada puntung rokok :-( Tapi yang penting si bisa tidur dan besok ga usah nyubuh banget ke Bandaranya.

Jakarta-Batam-Singapur

Sambil motongin lapis legit yang dibawain teh Rina, kita sarapan roti isi sele stroberi dan segelas teh hangat. Jam 5 kita dah siap berangkat. Abis kasih sebagian lapis legit karena bikin berat dan kemungkinan dimakan kecil ke pegawai hotel, kita naek mobil hotel yang akan antar kita ke bandara.
Sampe bandara masih subuh, pintu belum dibuka tapi orang dah pada antri mo masuk. Bandara dah kayak terminal Cicaheum aja penuhnya...Diturunin di terminal 1A, kita ikutan antri. Masuk, dan siap di line-nya AirAsia. Kita maju pelan-pelan dan kemudian ada pengumuman kalo jurusan Batam pindah line ke yang deket tangga naek. Pindah deh kita.

Sampe line itu, di depan kita ada 12 orang anak muda lagi check in juga. Jadi inget masa muda....Mereka mo pergi bareng-bareng, mereka becanda-becanda gitu. Check in beres, masuk pintu A6, siap berangkat.
Masuk AirAsia, duduk di barisan ke-4. Nyium yang beli mie wangiiii, tapi kita cuman nyium aja dan tidur, hehehe...
Sampe Hang Nadim, Batam, kita beli tiket BatamFast PP. Trus naek taksi ke Nongsa. Jalanan dari bandara ke Nongsa kayaknya jauh-ga jauh. Jauh mungkin sebetulnya, tapi karena sepi jadi cepet dan asa ga jauh. Batam kotanya kering, kayak Balikpapan tanpa pohon. Panas jadinya. Aku tanya supir taksinya, dia bilang tanahnya tanah bauksit. Mungkin karena itu tanaman susah tumbuh. Paling 30 menit dari Bandara ke Nongsa. Sampe Nongsa, tanya Baht, dikasih di harga 350. ya udah, daripada ga ada dan repot, kita beli juga. Trus bayar tax pelabuhan ma fiskal, trus antri di petugas imigrasi, trus nunggu BatamFast nya. Kata Aa, di komputer petugas imigrasi, di layarnya gambar orang dicari. Waaaah...dia cari jodoh apa cari apa ya?hihihihiiii....
Naik BatamFast ga boleh duduk di atas alias masuk ke kabin nya. Ber-AC, jadi dingin. Nunggu bentar trus berangkat.

Yaaahhh....ujan rintik mulai turun, tapi berharap aja di Singapur ga ujan. Soalnya sebelum ke hotel, tujuan pertama adalah Labrador Park dan hari itu kita mo ke Sentosa Island. Hujan belum kenal ma kita, jadilah dia turun terus sampe di Singapur.
Di Harboufront, cek imigrasi lagi. Keren juga ni kantornya. Wah supervisornya, kayaknya galak. Tapi lancar aja kok, wong emang ga bawa apa-apa. yang nanya orang Melayu, jadi ga pake bahasa Inggris. Abis cek imigrasi, kita bingung, mau ke Labrador Park pake apa. Tulisannya pake bis, tapi ga tau bis nya dari mana. Setelah berbingung ria, akhirnya kita memutuskan untuk duduk di atas dan istirahat. Bingung.
Akhirnya diputuskan untuk ke hotel aja, mga-moga dah bisa chek in, soalnya saat itu sekitar jam 12an sementara check in nya jam 2.

Turun ke stasiun MRT Harbourfront, beli EZlink sesuai anjuran ZsuZsu, trus nunggu MRTnya dateng. Hmm...stasiun yang bersih sampe kita bisa foto di pintunya. Naik MRT yang bersih dan ga terlalu rame. Berniat moto tiangnya, mumpung kosong, tapi ga berani, takutnya ga boleh moto-moto. Ntar ketauan didenda kan repot. Akhirnya duduk manis dan pindah di Outram Park menuju Bugis.
Sampe di Bugis, naek ke Bugis Mall trus nyebrang menuju KFC. masih bingung dengan jalannya. Akhirnya bolak balik ke arah yang salah dan setelah menyadari, kita kembali ke jalan yang benar menuju New 7th Storey.

Dan sampelah kita di sana. Kita pikir hotel yang besar karena gambarnya kayak yang besar. Ternyata, lobbynya aja kecil banget. Cuman ada meja administrasi, sofa kecil ma kulkas. Setelah beres urusan administrasi, kita naek lift dianter seorang bapak. Jangan pikir lift dengan pencetan yang menunjukkan lantai berapa yang dituju, tapi bapak tadi adalah petugas yang akan mengengkol lift supaya bisa naik atau turun. Pintu liftnya juga bukan pintu ga tembus pandang, tapi kayak pintu gudang jaman dulu. Kita dapet kamar di lantai 4. Bapaknya ga berentiin di lantai 4, keterusan. Akhirnya seudah lantai 5 dia tanya dan diturunin lagi. Kamar kita deket ma kamar mandi dan pintu keluar. Jadi kita pesennya kamar standar dengan kamar mandi sharing. kamarnya bersih, jendelanya ngadep taman yang nyewain balon terbang DHL. Kamar mandinya juga bersih, sayang, yang pakenya yang jorok.

Sampe kamar, kita istirahat bentar dan taro barang trus pergi lagi. Untung ujan dah berenti. Tapi kita belum makan, jadi sebelum pergi, kita makan di Bugis Mall dulu karena belum tau tempat yang murah.

Makan makanan Jepang yang ngelayanin orang Indonesia, Ngurah. Kita pake bahasa Indo, dia kagok sampe grogi. Sampe-sampe dia salah ambil makanan dan dimarahin ma ibu-ibu yang ngelayanin orang laen. Hehehe...kesian. Ngeliat yang ambilin bekas makanan, ibu-ibu tua. yang ngelayanin orang sebelah waktu tadi di kasir juga ibu-ibu tua, jadi mikir...apa disini mereka masih dianggap berguna sehingga masih bisa dipekerjakan ya?kalo iya asiknyaaa....mereka tidak dipandang sebelah mata.Abis makan kita naek MRT menuju Sentosa Island. Artinya, balik lagi ke Harbourfront dan naik bis yang ke Sentosa Island.

Sentosa Island

Masih gerimis. Dengan payung dan cueknya, kita naek bis yang orange ke Sentosa. bayar SGD 3, kita bisa naik bis itu PP sama masuk Sentosa Island. Ga jauh dari Harbourfront ke Sentosa, ga nyampe 30 menit dah sampe. Turun dari bis dah mulai berkurang gerimisnya, tapi bingung mau kemana, akhirnya jalan aja ngikutin kaki. Aa semanget banget waktu liat Merlion. Aku bilang, masuk situ bayar, mending besok aja ke Merlion yang sebenernya. Akhirnya kita cuman jalan di tamannya sambil moto-moto dan midio yang ada. Liat anak-anak yang pada maen di kolam taman Merlion itu, lucu, abis kan ada aer yang muncrat dari mulut ikan gantian, mereka ngejar aer itu, tapi suka ga keburu, hehehe.... Kita terus jalan sambil moto dan midio. Jalan keliling lumayan juga, sampe di The Image of Singapore. Foto-foto di atas mobil kuno. Nunggu giliran foto, kayak mo apa aja, hehehe...

Dari situ ke Butterfly Kingdom, liat-liat koleksi kupu-kupu dari mana-mana. Yaaa...kita si sekedar liat-liat aja abis pada mati kupu-kupunya, hehehe...Eh ada ding yang hidup, tapi ga terlalu banyak keliatan.

Hmm...jadi inget homeschooling. Enak kalo idup di Singapur, homeschoolingnya bisa ke sini :-) Dari Butterfly Kingdong jalan lagi dan nemu Sentosa 4D Magic. Ditawarin juga yang filmnya gitu, tapi kita ga mau. Udahlah, cukup ke sini aja, bari kita mikir, tau gitu dari tadi mending ambil paket. Nyesel. Tapi dah terlanjur. Sekarang kalo mo beli satuan lebih mahal. Ya udah, abis 4D kita jalan-jalan. Di 4D lumayan juga. Yang diputer film Pirates. Sebenernya 4D ini ya kayak teater image Keong Emas, tapi jadi 4D karena efek angin, air langsung kena ke kita. Lumayan...hiburan yang menyenangkan....
Dari situ kita jalan lagi ke Siloso Beach. Duduk-duduk sambil istirahatin kaki. Liat yang pada masuk aer, asiknyaaa....Hehehe...ga di Balikpapan ga di Singapur, yang dicari ya aer :-p Abis duduk-duduk, trus jalan di pasirnya yang putih dan bersih sambil ngerendem kaki. Coba aja Manggar kayak gini....asiiikknyyaaa....aaahhh...tapi biar aja Manggar kayak sekarang, jadi beda, hahaha...
Jalan lagi ke arah yang lebih jauh...

Liat orang pada maen voli pantai. Menyenangkan kalo kita bisa jalan sama temen-temen... tadinya mo ke Underwater World, tapi karena dah malem, akhirnya kita balik lagi. Kaki dah pegel!
Sampe di pemberentian bis, nunggu bentar, trus balik lagi ke Harbourfront.

Laaappaaaarrr!!!!!

Apaplagi dah ampir jam 8. Jadilah kita cari makanan di kantin deket halte bis itu. Lumayan murah, kita bisa makan lomie. Padahal pengennya si mie goreng tapi kok ya ga nemu penjualnya. Ga papa lah...Anget di perut. Minumnya sirup nanas. Sebenernya kayak sirup di pinggir jalan itu, cuman ditambahin nanas. Harganya?Hehehe...sama emang di Indo mah jauh! SGD 1! Di Indo bisa dapet berapa plastik tah?

Abis makan, kita ke stasiun MRT. Tapi kita ga langsung ke Bugis. Turun dimana ya?Lupa...tapi yang jelas kita jalan dari Orchard belah sini, kekeke...Maksudnya bukan Orchard tempat belanja, tapi udah di ujung yang keliatan tulisan YMCA.

Kita jalan, liat ada keramaian di Plaza Singapur. Kita berenti. Ternyata lagi ada promo Malaysia. Kita tertarik karena dia pake pakaian adat Dayak. Kita pikir Indonesia niii...ternyata bukan :-(
Nonton disitu cukup menyenangkan. Pas ada kuis tentang Malaysia dengan hadiah tiket dan beberapa macem hadiah laen (lupa :-p). Yang paling seru, pertanyaan terakhir, dimana orang harus nyebutin 13 negara bagian Malaysia dengan cepat. Beberapa orang naek dan gagal.
Ada beberapa orang yang bolak balik, jadi dia ke panggung, salah, turun, diselingi orang laen, sementara dia ngapalin, trus kalo ada yang salah dia naek lagi. Eeehhh...kadang salah lagi. Banyak yang antusias. Seneng liatnya.
Seandainya Indonesia ada acara seperti ini?Alangkah Indonesia akan diliat oleh dunia.... Hmm...mungkin ada, tapi aku ga tau?Entah...
Acaranya seru banget. Sampe udah dibantu sama orang dari Malaysia pun masih aja pada salah. udah disebut 12 dia lupa 1 lagi, penasaran, tapi ga boleh mikir lama-lama, jadi dia kudu balik. Sampe akhirnya ada 1 bapak-bapak setelah naik panggung 2 kali dan gagal, akhirnya betul dan dapet hadiah untuk 2 orang PP sama nginep ato apa gitu, lumayan....

Orang Malay-nya kasih clue : berdasarkan abjad, tapi bapak yang nyebutin itu clue nya berdasarkan letak. Kayaknya mending berdasarkan letak, kalo abjad kan susah...
Selama acara terakhir itu, di bawah panggung banyak banget orang yang berusaha ngapalin. Sampe si bapak itu naek di sebelah kita masih sibuk ngapalin, berharap si bapak ga bisa jawab, tapi ternyata si bapak bisa juga, yeeaaaaa!!!!!

Abis nonton acara itu, kita pulang. Jalan kaki.
Lumayan pegel sampe hotel.

Abis itu mandi trus review bentar, hari ini ternayata yang ga dijalanin cuman Labrador Park. Besok ke Chinese Garden sekalian ke Jurong.
Mandi dan kemudian bobo...zzzz...zzzz...zzzzzzzzzzz

Sehari penuh di Singapur

Pagi-pagi kita dah mandi, siap pergi. Sarapan lapis legit sama sale pisang, trus berangkat ke Chinese Garden by MRT.
Pagi-pagi, orang pada ke kantor, pakean pada rapi, kita berdua mah nyantei. Ke stasiun MRT Bugis, trus naek MRT. DI dalem MRT lumayan padet. Dan diantara kepadetan, ada sepasang pemuda-pemudi sayang-sayangan trus ciuman. Kita berdua langsung pandangan trus liat ke depan lagi sambil senyum tipis. Ga enak ati.

Turun di Chinese Garden masih pagi. Tanda-tanda buka belum ada, padahal rasanya di webnya Singapur dia buka pagi banget. Tapi yaaa dicoba aja. Sebelum sampe pintu masuk, ada 2 orang turis Asia (bapak & ibu) bilang kalo belum buka. Tapi trus dianya pergi. Ya udah, kita liat aja, ternyata emang hinese Garden tutup untuk persiapan Chinese Lantern. Baru buka lagi tanggal 5, yaaaaaaa :-( :-( Apa boleh buat.
Masih penasaran. Foto bentar, trus balik lagi ke MRT mo ke Jurong. Sambil nunggu MRT, foto dulu, hehehe...

MRT dateng, kita naek. Turun di Boon Lay, trus cari bis ke Jurong.Ga sengaja ketemu turis tadi. ternyata dia juga mo ke Jurong. Kita nunggu bis bareng sambil ngobrol. Ternyata dia dah 4 hari di Singapur. Dia dari Vietnam. Dia bawa kamera gede gitu. Waaahhh...asik banget....Bis yang langsung ke Jurong jarang banget, akhirnya kita naek bis alternatif yang berenti di halte depan Jurong.

Jurong

Masuk Jurong, di pintu ditawarin, mau tiket masuk aja ato plus sky train. Kita ambil yang pake sky train. Si Vietnam ini bingung, dia pikir kalo pake sky train dia ga bisa jalan untuk liat-liat. Kita jelasin sambil nunggu yang di depan kita bayar, tapi yang Ibu dah sampe di depan kasir sambil bingung. Mereka kemudian ambil paket juga.
Masuk ke taman, liat banyak anak TK dan ada yang tur juga.
Belok kanan, ketemu burung yang hidup di Afrika. Menarikkk...

Kita foto-foto di situ bareng Vietnamese itu. Trus dia keliling, kita juga. Pisah.

Bagus-bagus. Kita berdua seneng banget. Jam 11 lebih waktu kita di bagian Pelikan, kita denger di atas ada suara rame banget. Kita belum tertarik, kita jalan lagi. Pas di bagian burung Asia, Aa sakit perut. Keluar dari situ Aa ke toilet dulu. AKu nunggu Aa sambil liat ikan. Tapi diatas makin rame, aku makin penasaran. Ada pertunjukan. Aku dah pengen ke sana, tapi ntar Aa nyari. Aku nunggu Aa rasanya lama banget. Akhirnya, waktu Aa keluar, aku ajak Aa ke sana, dan dia mau.
Ternyata pertunjukan burungnya dah dari tadi, waktu aku mulai denger suara rame itu. Ga papa deh telat. Nonton di situ. Lumayan, duduk, istirahat ada hiburan.Pas kita masuk, petugasnya lagi minta bantuan orang untuk menunjukkan uang SGD 2. Burung kakaktua akan ambil uang dari orang itu. Banyak yang minat, tapi akhirnya dipiliha satu orang. Waktu pemilihan itu, banyak yang masih menyodorkan diri, tapi petugasnya bilang, burung akan ambil uang itu dari orang yang dia tunjuk, jadi orang yang lain harus duduk. Akhirnya mengertilah orang-orang yang pada berdiri dan burung ngambil uang dari orang itu dan kemudian dia harus mengembalikannya. Ada petunjuk yang harus orang itu lakukan, sehingga burung tau apa yang harus dia lakukan (ngambil & ngembaliin).
Abis itu burung disuruh terbang keliling melalui hulahup yang dipegang orang. Yang laen ga boleh pada berdiri juga. Ada 3 burung yang terbang, tapi 1 burung bandel dan ga mau ngelewatin hulahup, hahaha.... Tapi pas pertunjukan terakhir, dia mau ngelewatin semua hulahup.
Yang lucu adalah pertunjukan burung bicara.
Ada 1 burung kakaktua yang akan melakukannya. Mula-mula dia disuruh memperkenalkan diri. Dia ngomong namanya dan menyebutkan "heloo..." Abis itu dia diminta ngitung pake bahasa Inggris, waaann....tuuuu...triii...foo...faiv...siks....seven....eit....nain...ten...Yeeeaaaa...... Trus juga dia disuruh ngitung pake bahasa Mandarin. Bisa juga.Abis ngitung, karena temennya ada yang ulang taun, dia disuruh nyanyi "Happy Birthday" Jagoan geuning si burung teh...Dia nyanyi sampe abis tuh lagu. Abis itu dia disuruh nyanyi lagi. Rasa sayang eee.... (dengan suara tinggi melengking), rasa sayang sayang eeee (tinggi melengking lagi).... Waaahhh lucu banget, kita berdua ga lupa dia nyanyi itu. Eeee-nya itu yang bikin kita ketawa ga berenti. Hahahahaha....OK banget Rung!!!

Dari pertunjukan burung, kita jalan lagi. Keliling ke tempat burung yang gede-gede trus ke tempat flamingo yang bisa liat dari arah yang lebih deket. Pas jalan pengen foto deket angsa putih. Tapi, waahhh si angsa agak marah, jadi buru-buru sebelum dipatok. Pengen liat air terjun, tapi kita mesti balik arah. Yah udah cape, tapi da pengen liat. Sampe di air terjun awalnya sepi, tapi pas kita lagi nyiapin buat foto berdua, mulai rame, jadi aja, abis itu kita menyingkir.
Jalan lagi ke tempat sky train. Kita sengaja pake sky train terakhir, sebagai penutupan liat semua. Eh, ada yang belum deng, Pinguin. Tapi naik sky train dulu lah, da Pinguin berdasarkan peta adanya di depan, jadi sekalian keluar.
Naik sky train ternyata liat si Vietnamese lagi. Berhubung beda gerbong, kita cuman dadah aja. Kita ikut sky trainnya dari stasiun awal sampe balik lagi ke situ, soalnya ternyata kita dah liat semua. Turun dari sky train dah mendung banget, tapi kita masih mo liat tempat Pinguin itu. Masuk situ, liat-liat, trus keluar.
Pas keluar, pas ujan lumayan gede. Kita bingung mo pulang gimana, akhirnya kita pikir karena juga dah siang, makan di situ aja sekalian. Jadilah kita ke Bongo Burger Cafe. Aku makan Chicken Barbeque Burger, Aa makan Bongo Burger. Dua-duanya dateng dengan ukuran wow. Kita sampe bingung makannya. AKhirnya si daging kita potong-potong sebagian, sebagian lagi dimakan bareng roti. Oaaaaaammm...dengan mulut selebar-lebarnya akhirnya bisa juga tuh burger masuk. Minumnya?Coklat anget. Hmmm....top!Dingin-dingin dikasih anget jadi klop.

Nunggu di Bongo lama juga, ujannya ga berenti-berenti. Akhirnya, kita nekat.

Dengan sepayung berdua (halah...mesranya), kita ke halte bis. Lumayan lama kita nunggu sampe akhirnya bis yang emang ke Jurong itu lewat dan berenti. Cuman kita berdua dan seorang ibu yang bawa anak yang naek, tapi bis tetep jalan.
Yang lucu waktu naek. Kan kita lewat pintu belakang, pas kita tempelin EZlink-nya ga bisa, jadi sambil ujan-ujanan kita masuk dari pintu depan. Si ibu ngikutin. Pas udah di dalem, supirnya bilang, padahal masuk aja dari belakang, trus ntar ditempelinnya di depan. Oh iya ya?Hahahaha....udah terlanjur.

Turun di stasiun Boon Lay, kita ke Clarke Quay. Masih ujan, jadi kita ujan-ujanan. Ga mo makan, cuman pengen liat aja. Bagus, enakeun tempatnya, sayang aja ujan. Dan karena ga makan, kita cuman jalan aja. Pas di seberang jalan mo ke Espalanade, kita liat Fort Canning Park ada di depan, karena kita rencana mo ke sana juga tapi udah kelewat waktunya akhirnya kita lewat Fort Canning mo cari bis ke Esplanade. Tapi ternyata Fort Canning teh gede pisan. Bener kata ZsuZsu. Akhirnya karena cape, kita naek tapi ga ke arah dalem, di pinggirnya doang. Cari bis ga nemu, akhirnya ke Dhoby Gout, cari bis dari situ.

AHA!!!Ada bis ke Esplanade.
Naiklah kita. Yang kita temuin dulu adalah Merlion. Yaaa....ini yang kita cari dari kemaren. Ilang semua cape tadi jalan di Fort Canning nemu lambang Singapur ini. Dengan semanget kita foto-foto. Trus nyebrang ke Esplanade. Istirahat kita foto-foto. Menyenangkan...

Oh ya, pas nyebrang ke Esplanade ini, di bawah jembatan ada yang lagi meditasi, ada juga anak muda yang lagi maen skate board. Yang bagus, yang foto di Esplanade semua posenya sama, jadi aja kita foto tuh mereka yang foto dengan pose seragam itu. Ada-ada aja...

Dari situ, kita jalan ke hotel. Mo istirahat karena besok mesti berangkat pagi ke Thailand. Jalan kaki ke Bugis lumayan juga. Tapi daripada kagok ya udah, lanjuuuttt.... Sebelum sampe hotel kita cari makan dulu. Ternyata di deket Bugis ada yang jual makanan. Jadilah kita makan di situ. Lumayan dapet murah. Trus ke hotel. Istirahat sambil foto-foto di teras hotel yang disebut taman itu trus mandi trus malem-malem jalan lagi.

Kita mo nyari Bugis Street, katanya lumayan rame dan segala ada. Pas udah lewatin Bugis Mall, kita bingung mana yang namanya Bugis Street. Pas nengok ke sebrang, kita pandangan trus ketawa "Lhaaa...itu Bugis Street...hahahahaha...." Langsung deh kita nyebrang, liat-liat dulu. Yang pertama kali kita liat adalah jam tangan bodong gitu. Iya lhooo SGD 10 bisa dapet 3!Kita liat buat anak-anak. Mata Aa ga lepas dari jam itu, ternyata dia pengen buat dia, tapi dia berusaha bilang kalo ga perlu bari mata ga lepas dari jam. Akhirnya setelah liat-liat, kita beli gantungan kunci sama yang laen. Pengen sebenernya beli mug yang Singapur tapi kok mahal banget, belum lagi kita mo Thailand, takut pecah, jadi ga jadi deh. Akhirnya beli Merlion buat Anto ma kita, tas, gantungan kunci, tempat tisu, sarung bantal sama jam buat ponakan-ponakan. Aa kayaknya masih penasaran ama jam, tapi ga jadi beli. Pikir mo beli di Thailand aja. Ga jadi deh beli jamnya.

Udah malem, pulang deh kita untuk beberes dan istirahat.