Tuesday, September 12, 2006

Pendidikan

Tanpa bermaksud negatif, malah menurutku sebuah pujian...
Hari ini, aku melihat sebuah tayangan di tv mengenai sekolah alam. Emang si ga ngikutin dari awal, tapi ngertilah maksudnya. Tayangan ini tentang sekolah yang nampaknya nonformal dan cukup menyenangkan buat anak-anak. Sekolahnya ga di gedung, tapi di alam terbuka. Kayaknya ga ada pelajaran matematika ato bahasa indonesia ato bahasa inggris dlsb, yang ada cuma main dan main. Kalau dipikir, apa si yang mau dituju dari sekolah semacam itu?Seneng?Potensi?Atau apa?Ga ngerti... Tapi kalau aku jadi anak-anak itu, pasti aku seneng. Bermain mungkin jadi tujuan utamaku. Seneng, apalagi banyak temen. Temen yang buatku pribadi merupakan sesuatu yang sangat spesial...Kalau diliat jaman sekarang, jarang banget sekolahan yang kayak dulu...Ada halaman untuk bermain, ada pohon untuk berteduh...sekarang seluruh halaman sekolah di tembok (semen) atau di-paving block, jadi kalo mo lari-lari takut jatuh dan berdarah...sakit banget. Jadi ga ada main ucing-ucingan, kasti, karet, atau sondah atau galah...Yang ada di ruangan ada komputer, jadi bisa main internet dengan puas, bisa browsing, bisa chatting (kayak aku, hehehe...) atau di rumah ada PS yang dimainin cuman sendirian. Temen ga ada secara fisik. Kok jadi ini ya yang diomongin?Hehe...Sebetulnya aku mo ngomong tentang keterbukaan Islam dalam memandang pendidikan. Ketika aku lihat tayangan ini, aku lihat beberapa guru dan siapa lah ntah yang sepertinya cukup berpengaruh pada sekolah itu dan juga orang tua murid yang menggunakan jilbab. AKu pikir, ini mungkin sekolah khusus muslim. Ga tau yaa...Tapi kalaupun iya, aku angkat semua jempolku untuk keterbukaan ini. Banyak sekolah yang udah ga konvensional lagi dikelola oleh ntah yayasan ataupun sekelompok orang yang punya keyakinan Islam. Aku salut, bener-bener salut. Keterbukaan. Sementara sekolah Katolik?belum berani membuka diri untuk perkembangan semacam ini. Aku liat sendiri di Aloy. Ga ada yang namanya alam. Ga ada yang namanya sekolah di tempat terbuka. Pendidikan berarti baca buku. Pinter matematika, pinter fisika, pinter kimia, itu yang penting. Kalo ga bisa itu, ga naik kelas. Ga penting kalo dia jago musik, kalo dia jago olah raga. Sekarang kayaknya malah mengalami penurunan dalam banyak hal. Guru kurang berkualitas, murid kurang ajar, aturan yang terlalu dipaksakan, ahh...ga tau deh apalagi. Pokoknya aku cuman berpikir, kalau punya anak ga akan deh disekolahin di situ. Aneh. Padahal aku alumni situ....

Aku SMS pemikiranku pada Harry dan Vivi
Aku-Harry
Aku : ie, tadi pagi wkt gw nonton transtv, gw liat ada sekolah alam. trus gw perhatiin jg, tnyt yg ngikutin perkembangan pendidikan tu islam.koq gw jd agak sedih ya?kayanya sekolah kristen koq msh kolot ya?gw liat aloy aja malah mundur kualitasnya. pengen jg melakukan sst. apalagi liat the scholar.

Harry : Iya..mreka lbh cpt bkembang skarang..
-----
Aku-Vivi
Aku : vi, tadi pagi wkt gw nonton transtv, gw liat ada sekolah alam. trus gw perhatiin jg, tnyt yg ngikutin perkembangan pendidikan tu islam.koq gw jd agak sedih ya?

Vivi : G ngerti bgt prasaan elo krn g jg sedih ga punya skolahan...
Aku : maksod lo? ;p
Vivi : Kan ga ada skolah yg hindu.Ada skolah islam n katolik n kristen.Kalo g kawin ma iq, biar anak g hindu, ttp aja kl nyari skolah swasta yg netral susah.
Aku : deeuuhh..yg udah ngebet..hehe..kl mampu n punya dana, mau deh bikin sekolah netral yang asik..liat the scholar tnyt home schooling jg ok.
Vivi : Iq pengen bgt anaknya homeschooling.G ga stju.Beban kt berat banget lho.Apalagi standard naik kelas n klulusannya lum jelas.
Aku : kl liat pendidikan skrg, gw jg sempet kepikir hs,tp sosialisasinya rada berat.tp sekolah mana yang bs mengakomodir semua?yg bgs,uang sklh mhl, yg ada org2 kaya.pergaulan jd repot.mau sekolah murah,kualitas dipertanyakan.lu ngikutin perkembangan sekolahnya ella?Vivi: Ga.Tp dia kan TK.Msh byk maen.Masalah muncul di SD.Skolah mahal jg ga jaminan kog.Skolah2 jaman skarang nyusahin ortu bgt lho..
Aku : emang ga jaminan. gw liat contohnya aloy,turun banget mutunya..mnrt lu sklh skrg nyusahinnya gmn?
Vivi : Too much demand,make student easily burn out,depresive,aggresive.Less time to play.Almost school has 3or4 pm to end d study!So many underachvr.parent think their child stupid.Parents wants them to get great mark so they can continue their study in d best high school.Make psycholog get dizzy...
Aku : apa kurikulumnya yg mesti ditinjau ulang?susahnya standard qta adalah nilai yg tertera di raport&itu mungkin bkn potensi anak.
Vivi : Jelas kurikulum kita buruk.G ga tau apa yag dharapkn dr pmerintah ke anak2.Pengetahuan guru jg burk tp udah brusaha dtigktkan.Org jd guru krn ga ada pilihan sih.
Aku : tul.benang kusut.gw ga tau jg,apa sekolah alam yg td gw liat bs disebut bgs.yg td sempet ketangkep, ada anak bilang enakan sklh itu, gurunya baik, di sklh biasa gurunya ga baik. apa dunia berubah ya?pendekatan kudu hedon?
Vivi : Byk skolah yg takut marahin anaknya lho krn mrk sdh bayar mahal.Mnrt temen g yg jd psikolog skolah mahal,anak2 ga ada sopan2nya ama guru lho.Kurang ajar malah.
Aku : oh emang.tmn gw pernah kok ngalamin.kt muridnya dia ga perlu pelajaran di sklh,soalnya dah les.tmn gw bilang kl gitu minta nilai aja ma guru lesnya.

1 comment:

Anonymous said...

Ngomongin pendidikan sih ndak bakal ada kelarnya.. Akan selalu ada pihak2 yg perlu di-blame. Either kena ke pemerintah, ke sekolah, ke sistem, ke kurikulum, ke orang tua, atau malah ke anaknya sendiri. IMHO, there's no such a perfect place for school. Akan selalu ada plus-minusnya.

Jaman gue sekolah dulu, belon ada sekolah2 "mahal" ataupun "konsep alam" kayak sekarang. Tp so far outputnya baek2 aja tuh. Gue mksdnya. Hehehe.. Iya, dulu sistem sekolah strict. Kaku.. but so what? Toh, pd saat itu it's not a big deal. Jaman baru kemerdekaan jg lebih kaku lagi. But again, it's not a big deal.

Klo ngomong mo nyalahin siapa.. gue prefer nyalahin orang tua jaman skrg. Bentuk sekolah yg aneh2 dan canggih kyk skrg cuman buat ngejawab kegelisahan orang tua bahwa mereka tidak bisa bertanggung jawab atas perkembangan masa kecil anaknya. Leave it all to institution.

World become isolated. There's no such a neighborhood for children to play and grow up. Ini yg mgk mo dijawab ama sekolah2 alam. Back to nature. Bleh. Things parents supposed to provide, but they can't. Anak sekolah ampe jam 3?? Gosh. It's merely parents' ambition.

While homeschooling? Hm, it's answering parents' paranoia. As again, they fail to be a friend, to be a parent for their children. Locked up children at home is not helping at all. Coz still, the children one day will be living outside the house and facing the world. The problems. One thing they cannot learn at home.

About Moslem school vs Catholic school.. I think it's only broaden your choice. On one side, it's good a new better model comes up. But doesn't mean the old one is bad. Like I said, all has its own plus and minus.

Phew. Guess that's all. A long comment. Sorry.