Thursday, April 26, 2007

Oprah

Hari ini, aku liat Oprah di Metro yang judulnya "America's Debt Diet #3". Ada beberapa hal yang aku pengen komentarin ato tulis ato apapun deh judulnya....

Yang pertama tentang UTANG.
Aku jadi inget tentang utang dan kartu kredit (Credit Card/CC). Waktu aku kerja di ARAR dulu, orang pada berlomba untuk bikin CC. Aku ga ngerti, kenapa si orang kok pengen banget CC nya di acc. Aku sendiri emang pernah ditawarin dan beberapa kali nolak, walopun akhirnya aku juga bikin. Buatku, CC itu untuk nunda pembayaran aja. Buatku lhoo...tapi sepertinya buat orang CC itu diperlukan untuk tambahan gaji. Nah lho... Jadi karena gaji ga cukup, trus pake CC kan jadi bisa beli barang ato cash advance (tau dah nulisnya kayak apa, pokoknya maksudnya ambil duit cash pake CC) walopun bunganya lebih tinggi. Akibatnya si muncul persoalan di bulan berikutnya. Gaji tetep ga cukup, plus ada tambahan tagihan. Jadi tetep aja gaji kurang ya? Akhirnya CC njerat tho?Ada beberapa contoh untuk hal ini, salah satunya Sabar. Kita berdua suka kasian dengan dia. Dengan kondisi usahanya yang belum menunjukkan tanda-tanda berhasil, sementara gaji Fusi mungkin ga terlalu gede, ada anak yang butuh susu (terutama), juga kebutuhan RT yang lain, mungkin mereka jadi kekurangan. Akhirnya CC jadi pelarian, sampe-sampe orang rumah(nya Nana) suka bete karena ada yang terus ngejar bayar utangnya Sabar. Kita sering berpikir, kenapa si ga gunting aja CC yang ada, jangan malah terus bikin. Hal ini untuk mutusin keterikatan pada CC. Trus mulai dengan hidup baru dengan menata keuangan keluarga. Kadang bukannya ga mau kita dipinjemin duit, tapi kalo terus-terusan gitu, dia jadi tergantung ma kita dan ga belajar gimana ngelola keuangan. Kemaren ini Reni SMS, mo pinjem uang. Dan dia ga bisa cerita untuk apanya. Bukannya pseudon, tapi bisa aja aku mikir, untuk dirinya sendiri. Ntah untuk apa. Aku SMS ROma dan ternyata Roma juga di-SMS. Kita berdua ga kasih pinjem. Menurut Roma, Reni kan punya suami, kenapa bukan suaminya yang cari duit. Menurut Roma, Reni mungkin juga 'kurang' karena anaknya dah masuk playgroup, suaminya kerja ga tentu, juga punya CC. CC lagi...Aku sekarang jadi mikir, mungkin aja uang yang dia pinjem itu untuk bayar CC nya.Inget satu orang lagi, Pak Asep. Dulu dia semanget banget untuk dapet CC. Belakangan dia pusing sendiri bayar cicilan CC nya. Selain Pak Asep inget juga Pak Rike dan Pak Irwadi yang berebut dapet CC. Sampe-sampe Rendi pernah dimarahin karena kasih keterangan yang bener tentang Pak Irwadi ketika bank-nya telepon. Hmmm.... Inget kebenaran keterangan untuk CC, Ie Ie pernah cerita kalo dia sebagai bagian personalia, ga mau kasih keterangan yang ga bener kalo ada pegawai yang dirasa ga mampu mengajukan CC. CC...

Yang kedua tentang CINTA
Ada satu keluarga dimana dia utang karena ketika anaknya meminta apapun, pasti akan diberi. Katanya itu adalah bentuk cinta, tapi ternyata bukan. Kalau menurut dia (orang yang bermasalah) cinta adalah memberikan sesuatu tanpa batas adalah cinta, tapi menurut Dr. Robin, justru dengan adanya batas maka disitulah cinta. Aku jadi kepikir, ntar kalo punya anak, berarti kita juga mesti punya batasan. Tapi batasan seperti apa si?Aku tau si kalo anak udah minta yang berlebihan kita emang mesti batasin, tapi gimana ya caranya ngedidik dari kecil. Contoh aja, kemarin ini aku telepon Ketti karena Kiki ulang taun. Cerita sana sini akhirnya nyampe juga cerita kalo David nanti mo di-ulangtaun-in. Aku tanya, apa harus?Kata dia, da Davidnya minta. Satu sisi pemborosan, hehehe...sisi lain mungkin prestis juga, sisi lain lagi, Davidnya ntar iri terus karena temennya juga pada dirayain. Gimana ni?Aku sendiri pasti bingung kalo ngadepin keadaan kayak gitu. Jadi gimana ya ngebatasinnya?

Yang ketiga tentang Dr. Robin
Aku seneng banget liat Dr. Robin ini. Mata, telinga, dan hatinya peka banget sampe-sampe dia tau pokok masalah yang sebenernya. Duh..jadi pengen juga punya alat indra dan hati yang peka juga pikiran yang positif. Biar bisa bantu orang :-D

Yang keempat tentang KEJUJURAN
Kejujuran ini penting banget supaya hidup kita tenang. Sebetulnya ada beberapa hal yang pengen aku ungkapin, tapi rasanya susah banget...

No comments: