Thursday, April 19, 2007

Paskahan di Banjarmasin

Untuk pertama dan mungkin yang terakhir sampe saat ini, aku Paskahan di Banjarmasin. Aku ke Katedral dari hari Minggu Palem-Kamis Putih-Minggu Paskah. Disini enaknya ga usah antri ato booking tempat duduk 2 jam sebelumnya. Kita dateng setengah jam sebelum misa aja pasti dapet tempat. Ini yang aku mau, hehehehe.... Secara umum, paskahan disini asik, selain ga usah booking itu juga karena suasananya mendukung. Walopun kita duduk di luar tetep serasa di dalem gereja. Mungkin suasana ini karena hati juga mendukung ya? :-p

Minggu Palem
Aku ga perlu repot bawa daun palem. Pastornya juga ga nganjurin untuk bawa, tapi sapa aja yang punya, diminta (secara ga langsung) nyumbang. Hasilnya?Hari Minggu palem, tanpa membawa palem mestinya aku bisa bawa 10 palem kalo mau, tapi buat apa?hehehe...Diawali dengan perarakan di luar, trus kita masuk dan misa di dalem aula (karena gerejanya lagi diperbaiki).

Kamis Putih
Aku janjian ma Linda. Kita duduk di luar, deket layar. Ga terlalu panas jadinya. Ada upacara cuci kaki. Misanya sama uskupnya.

Jumat Agung
Pagi-pagi jalan salib dulu. Ga muter, tapi diperagain. Bagus, walopun sayangnya dubbing. Sore, kita ambil ibadat jam 3. Di dalem. Weleh-weleh panas banget!!!! Aku ngantuk banget pas pasio, boring.

Sabtu Sepi
Di luar lagi. Upacara Api dimulai di depan gue Maria. Trus baru masuk ke dalem. untung di luar, kalo di dalem pasti puanas buanget.

Minggu Paskah
Sebenernya yang jam 8 untuk anak, tapi cuman ada yang jam itu, jadi ya ke gereja yang jam 8 aja. Ada persembahan dari anak-anak hasil puasa. Anak-anaknya banyak banget. Aku seneng banget karena gereja masih menyediakan waktu untuk anak-anak ini, walopun kadang kalo anak-anak ga dijaga jadi ganggu juga. Ga diajarin untuk ngikutin ibadat.

Dan secara umum, Paskahan di Katedral asik juga, tapi koornya kadang berasa gandeng (=ribut) karena tereak-tereak di depan mike trus juga ga liat-liat jalannya ibadat. Kadang pastornya udah beres, mereka masih nyanyi 1 lagu panjang dan ga bisa dipotong. Jadi aja berasa panjang misanya.Dan yang jelas, disini ga banyak daging segar dijual. Orang sini lebih sopan, hehehe...

No comments: