Wednesday, July 25, 2007

Film Korea

3 minggu ini kalo malem mingguan kita cepet-cepet pulang, soalnya jam 9 ada film Korea di Metro. Bagus-bagus, jadi kita nonton terus. Mula-mula si aku pikir ga bagus, tapi waktu Aa nonton yang pertama (telat) dia bilang bagus, jadilah biarpun telat banget aku nonton juga. Emang bagus.

Yang pertama aku lupa judulnya. Ada Black Face-Black Face nya gitu deh...
Ceritanya tentang anak yang lahir dari ibu orang Filipin dan Bapak orang Korea. Anaknya ga mirip Bapaknya, malah kayak ibunya. Item. Bukan kayak orang Korea. Ga tau kenapa ibunya ninggalin mereka berdua. Akhirnya Bapaknya nikah lagi ma orang Korea. Ga tau kenapa (da telat tea...) Bapaknya dipenjara. Selama di penjara, si anak tinggal ma ibu tiri. Anak ini nakal banget. Di sekolah anak ini selalu jadi bahan ejekan temen-temennya yang orang Korea. sampe-sampe dia di'hukum' di kamar mandi dan disuruh mandi pake susu. Anak ini jadi marah banget. Dia kelahi sama anak yang ngejek dia sampe si anak Korea, temennya, masuk rumah sakit karena patah tulang.Di rumah, ibunya sering marahin dia karena kesel dengan kelakuannya. Ibu tirinya dah ga sanggup ngurusin dia lagi. Suatu hari, karena kenakalannya ibu tirinya jatoh dan keguguran. Si Ibu jadi marah banget sama dia. Waktu anak ini bikin temennya masuk rumah sakit, si Ibu kunjungan ke rumah sakit dan minta maaf, tapi si ibu malah dimarahin sama ibu temennya. Ibu tiri makin marah.Suatu hari, ibu ini dipanggil ke sekolah dan waktu dateng, sang ibu terkejut karena gurunya adalah adik tirinya. Karena waktu kecil si Ibu merasa bahwa Ibunya pernah memperlakukannya tidak adil, karena itu dia jadi ga suka ma adiknya. Tapi adiknya tetep ngehubungin dia. Kasih tau tentang anaknya. Sampe suatu hari, adiknya kasih tau bahwa anak tirinya sering diejek oleh teman-temannya. Karena itu si anak membalas teman-temannya. Suatu waktu, adiknya dateng untuk urusan keluarga. Dia dateng sambil membawa titipan uang dari ibunya. Si Ibu anak ini ga mau terima uang pemberian ibunya. Akhirnya dia kembalikan uang Ibunya di rumah sakit karena ibunya sedang sakit. Waktu cerita, kembalilah mereka cerita ke masa lalu dimana si Ibu Korea ini merasa diperlakukan tidak adil oleh ibunya dan merasa bahwa ibunya membencinya. Tapi si Ibu dengan sabar menjelaskan bahwa dia yang merasa si anak tidak menyukainya. Si Ibu cerita bahwa pada suatu ketika dia dipanggil oleh gurunya dan ketika jalan pulang, dia melihat si anak membuang selendang pemberiannya ke sungai. Ibu sangat sedih, tapi ga ngomong. Sampe di rumah, waktu ibunya tanya tentang selendang, anaknya bilang bahwa selendangnya hilang. Karena itu ibunya sedih. AKhirnya, karena ga bisa kasih apa-apa, dia simpen uangnya untuk anaknya dan dikasihin sekarang ini. Tapi anaknya nolak. Ibunya maksa.Pulang dari rumah sakit, Ibu Korea ini mikir tentang omongan ibunya dan kelakuan anaknya. Dia pikir, mungkin anaknya nakal karena dia merasa ibu tirinya ga suka sama dia. Sementara si Ibu berpikir sama. Anaknya ga suka sama dia. Ibu Korea juga berpikir tentang apa yang diomongin gurunya. AKhirnya dia seret anak Filipin ini ke rumah sakit. DIa minta orang tua anak yang sakit minta maaf sama anaknya. Ibu Korea jadi berbalik membela anak tirinya.
Suatu waktu Bapaknya keluar dari penjara dan si Ibu Korea bilang bahwa dia ga sanggup ngasuh anaknya. Dia minta anaknya dikirim ke Filipina. Anak ini denger dan jadi sedih. Sang Bapak akhirnya berpihak pada Ibu Korea karena si Ibu pernah keguguran anaknya. Pergilah si Bapak ke Filipin, cari ibu Filipin. Selama Bapak pergi, anak janji untuk ga nakal. Anak ga mau dikirim ke Filipin, tapi apa boleh buat, Ibu Korea dah ga pengen anak itu sama dia.
Dari Filipin, akhirnya si Bapak mendapat kabar kalo ibu Filipin udah ga ada. Anak akan diurus sama kakeknya. Akhirnya anaknya harus berangkat. Anak ini ga mau, tapi tetep berangkat juga. Sampe di bandara setelah perpisahan, ibunya kembali naik taksi. DI taksi Ibu Korea review semua kejadian dan akhirnya kembali ke bandara untuk ambil anak Filipinnya. Ga jadi deh anak itu kembali ke Filipin.

Yang kedua, Bride From Hanoi
Ada dokter cowok Korea yang kerja di Hanoi jatuh cinta sama cewek Hanoi. Kakak si cewek ga seneng karena biasanya orang Korea suka ninggalin cewek Vietnam gitu aja dengan janji-janji palsunya. Suatu hari, karena orang tuanya sakit, cowok Korea harus kembali ke rumahnya dan ninggalin pesen sama kakaknya kalo cewek itu sayang ma dia, disuruh nemuin dia di bandara. tapi ternyata cewek itu ga nemuin dia, jadi dia pikir ceweknya dah ga cinta lagi sama dia.Setelah itu, dia jadi dokter di Korea, ketemu sama temen kakaknya. Jadian lah mereka ceritanya.Sementara itu, si ibu yang dah sakit-sakitan ga sabar mo liat anaknya yang pertama nikah. Kakaknya yang tinggal di desa ini seorang petani dan kerjanya ngerawat ibunya. Adiknya yang dokter kerja di kota.Suatu waktu, si kakak mo kenalin ceweknya ke adiknya. Tapi minta adiknya jangan bawa pacarnya. Karena mobil si adik di bengkel, dia dateng pake mobil pacarnya sama pacarnya. Pas dikenalin ternyata pacar si kakak adalah cewek Hanoi itu. Kagetlah dia. Dua-duanya masih jatuh cinta, tapi karena dulu si cewek ga nemuin dia di bandara akhirnya dia coba ilangin perasaannya. Si cewek ngerasa si cowok ninggalin gitu aja. Beberapa kali ketemu marah-marahan. Si cewek Hanoi ini juga dah dikenalin ke ibu cowok sebagai calon istri kakaknya. Dan sang ibu dah setuju.Kenapa kakak ini mo nikah sama si cewek Hanoi karena kasian.Si cewek ternyata pernah hamil dan karena cowoknya ga dateng lagi, akhirnya dia gugurin kandungannya. Sementara si cewek mau nikah sama si Kakak karena dia kasian sama kakaknya juga. Klop, hehehe...
Seiring waktu ketauan ternyata pacar si adik, yang adalah temen kakaknya masih cinta sama kakaknya. Kakaknya juga gitu. AKhirnya tukeran lah mereka karena mereka sebetulnya tau siapa cinta siapa. Pas ngomong sama ibunya, ibunya marah-marah trus pingsan. Si cewek Hanoi merasa semua salahnya, jadilah dia balik ke Vietnam. Cewek yang suka ma kakaknya dimarahin ma orang tuanya karena merasa si anak berpendidikan tinggi ga pantes nikah ma petani. Tapi anaknya maksa. Yang lucu waktu adegan ini adalah waktu ibu si cowok marah-marah sama kakaknya, kata-kata yang diucapinnya sama persis dengan kata-kata amarah dari orang tua si cewek pacar kakaknya. Persis banget, kita berdua jadi ketawa-ketawa, "Kali kayak gitu ya marahnya orang Korea.."
Singkat cerita, akhirnya orang tua sadar dengan jodoh itu. Mereka berpikir "Pernikahan itu ibarat sepatu. Kita pilih sepatu yang bagus menurut orang lain belum tentu enak buat si pemakainya. Karena itu dalam pemilihan sepatu sebaiknya pilih yang enak dan nyaman buat yang pakainya. Kita ga bisa maksain."

Yang ketiga, My Belove Toram
Film yang ini bikin aku nangis-nangis :-p
Cerita tentang kesetiaan anjing Golden Retriever yang jadi pemandu orang buta sampe akhir hayatnya.
Alkisah (hehehe...) ada sebuah keluarga harmonis yang mo ngerayain ulang taun anaknya. Anaknya ga suka ada 2 orang temennya diundang, tapi bapak-ibu mereka tetep ngundang mereka.Waktu hari H-nya pas perayaan, waktu Bapaknya lagi nyemprot ladangnya, 2 anak ini ga masuk ke rumah, tapi malah main di tempat yang bahaya, deket sama pupuk. Udah dikasih tau, tapi mereka ga mau pergi, malah lari-larian di situ. Waktu si ibu mo panggil 2 anak ini, si ibu kena racun yang keluar dari tabung karena waktu anak ini lari-lari, 1 tabungnya jatoh. Jadilah si ibu yang kena dan jadi buta.
Awal masa kebutaan, si ibu marah-marah, ga mau makan dan ketemu sama orang-orang, termasuk anggota keluarganya dan anjing yang dipeliharanya dari kecil. Akhirnya si ibu minta pergi ke tempat asalnya untuk sekolah lagi. Tadinya suaminya ga ngijinin, tapi dia minta cerai. Akhirnya diijinin juga. Dianter suaminya, dia pergi dan dicariin tempat kost. Dia minta supaya suaminya ga telepon dia. Nanti dia yang mo telepon. Ga boleh kunjungin dia juga. Nanti dia akan kunjungin kalo dah mampu sendiri.
Suatu hari, dia mau ke kampus untuk daftar. Dia kesulitan naik bis dan dilecehin orang. Pas pulang, dia nabrak tiang listrik dan ada anjing yang deketin. Dia tau itu anjingnya, Toram. Di deketin ma direktur perusahaan anjing penjaga, akhirnya dia mau dibantu ma anjing. DIa pilih Toram. Toram ga lulus sebagai anjing yang bisa bantuin orang buta karena Toram pernah 'terluka' waktu ada orang yang 'buang' dia. Jadilah si ibu ini sadar. Dia keukeuh pengen Toram jadi anjing yang bantuin dia. Usahanya berhasil. Toram bantuin dia. Sebenernya unsur Bapak juga ada disitu. Jadi si suaminya diem-diem ngehubungin perusahaan anjing itu trus mantau juga gimana perkembangan istrinya dengan diem-diem. Toram lulus sebagai anjing pemandu setelah latian sama anjing-anjing pemandu yang lain.
Hari pertama dia ke kampus, begitu keluar pintu kamar kost, dia dimarahin sama ibu kost nya karena bawa anjing. Trus waktu mo naik bis, supir ga mau terima anjing masuk bis. Sampe-sampe ada orang yang ngebela. Supir takut anjing jadi galak, tapi orang-orang meyakinkan bahwa anjing pemandu ga seperti itu. Di kereta, Toram diinjek orang. Tapi dia ga gonggong, sampe-sampe waktu turun ada yang bilang kalo kaki Toram luka. Si ibu cepet-cepet bawa ke rumah sakit. Ternyata kaki Toram sobek. Karena banyak susahnya, akhirnya si ibu kembali ke keluarganya. Pas mo masuk rumah, dia denger kalo anak laki-lakinya lagi mo dihukum sama ayahnya karena ga belajar dan dia marah karena ibunya pergi. Menurutnya, ibu ga sayang sama anaknya. Si ibu sedih, akhirnya lari tanpa Toram. Suaminya denger, trus nyusul. AKhirnya si ibu kembali ke rumah. Karena bapak pengen ibunya kembali kuliah, dan dia juga mau kerja di tempat asalnya, akhirnya sekeluarga pindah ke tempat asalnya. Si ibu kembali kuliah. Karena susah dengan tulisan biasa, akhirnya bapak punya inisiatif untuk bantuin ibu dengan bacain tiap chapter secara gantian antara dia dan 2 anaknya. Tapi si anak laki-laki ga ngelakuin tugasnya, jadi pas ditanya dosennya, si ibu ga tau.
Si anak laki-laki juga malu dengan keadaan ibunya. Pas ibunya pengen ngundang temen-temennya, dia belanja berdua sama anaknya, anaknya bawa dia ke tempat anjing. DIa ambil makanan anjing dlsb waktu ibu minta ambilin sayur, tahu dlsb. WAktu ketemu temennya, si anak lari karena malu dengan keadaan ibunya. Akhirnya si ibu pulang dianter petugas supermarket. Bapak marah, tapi ibunya enggak. Malemnya dia mo cari anaknya karena anaknya belum pulang. Ternyata anaknya ada di depan pintu pager. Kalo anak laki-lakinya ga mau bantuin dia, Toram terus bantu si ibu. Sampe si ibu sidang.
Si ibu terus berusaha supaya anaknya bisa terima keadaan dia. Sampe-sampe ada usaha di sekolah anaknya untuk kasih liat tentang anjing pemandu dan ibu dateng sebagai pembicara. Anak laki-laki kaget. Tapi sejak itu dia sadar. Si ibu akhirnya lulus terbaik. Dia jadi dosen.
Suatu hari waktu dia di depan kelas tiba-tiba Toram jatoh dan keluar darah dari mulutnya. Si ibu langsung bawa ke dokter dan vonisnya kanker. Waktu Toram tinggal 3 bulan lagi. Si ibu yang sudah bisa kemana-mana sendiri akhirnya nyuruh Toram untuk istirahat, tapi Toram ga bisa diem sebagai anjing pemandu. Waktu wisuda dan Toram ditinggal, akhirnya Toram nyusul ke kampus sendiri. Sampe juga dia disana. Di akhir hayatnya, Toram minta diajak jalan-jalan sama ibu. Ibu ngajak, trus ngomong bahwa dia mau ngelepasin Toram supaya Toram ga sengsara. AKhirnya Toram mati. Hiks...

Wah nulis ini aja bikin sedih. Hebat ya anjing teh...Setia pisan...Aku baru tau, kalo anjing lagi ngejalanin tugasnya sebagai pemandu, dia ga boleh dikasih makan sama orang dan dia akan menjalankan tugasnya apapun yang terjadi. Wow...hebat!Jadi pengen punya Golden Retriever, hehehe...

No comments: