Wednesday, July 11, 2007

Victor & Yuli's Wedding


Aku disuruh bantuin nyanyi. Jadi aku dateng ke nikahan mereka di Makasar. Aku dateng hari Kemis pas gladi resik. Langsung dikenalin ma kakaknya Yuli, ortunya Yuli, ortunya Victor dan juga saksi. Langsung pada nyambut seolah-olah aku artis, hahahahaha..... Pulang dari gereja, ke hotel. Aku bingung mo ngapain, Victor ga kasih jadwal. AKhirnya sore-sore aku jalan-jalan ke Pantai Losari sendirian. Bete juga, tapi daripada di hotel?Eeehh...Victor telepon ngajak makan malem. Papinya Victor akhirnya jemput aku di Pantai. Hehehe...kayak orang ilang aja. Trus diajakin makan kepiting. Aku sebenernya OK aja makan kepiting, tapi kalo sendirian, ga bareng-bareng orang gitu. Abis ga tau mana yang mesti dimakan trus suka belepotan. Disitu temennya Victor dan Yuli dateng. Mereka yang akan jadi bestman ma maid of honor. Temennya Victor, Oki, dateng dari Bandung, temennya Yuli, Yi Wen, diimport langsung dari Shanghai. Dia ga pake bahasa Indonesia, pakenya bahasa Inggris. Jadi aku ga bisa ngomong. AKu diem aja hari itu. Ga bisa ngomong. Di hotel waktu cerita-cerita, aku ngerti apa yang dia omongin, tapi aku ga bisa mbalesinnya.Ga enak juga, tapi mau gimana. Akhirnya waktu ada kesempatan aku ngomong berdua, aku bilang ma dia kalo aku ga fasih bahasa Inggris, jadi aku malu ngomong ma dia. Jadi kalo pergi ber-4 (Oki, Yi Wen, Victor, aku atau Oki, Yi Wen, Aa, aku) ato ber-5 (Victor, Oki, Yi Wen, Aa, aku) ya aku ma Aa ga banyak ngomong ma dia.
Hari Jumat, karena ga ada kegiatan pagi ato siang, kita jalan kaki makan mie pangsit di deket rumah Yuli. Di rumah Yuli ada seserahan, tapi Victor ga boleh ikut, akhirnya kita pergi sendiri. Dari makan mie pangsit, jalan-jalan ke Benteng Fort Rotterdam, trus makan Coto. Halah, masih kenyang, disuruh makan lagi.... Dari situ, aku ma Oki di drop di jalan Somba Opu, liat-liat. Victor ma Yi Wen ke hotel. Pulang dari jalan-jalan ke Dunkin. Cuma nyebrang hotel aja. Victor ma Oki mesti ngedit foto yang mo ditampilin besoknya. Di Dunkin ber-4, akhirnya Aa dateng, tapi Yi Wen mesti pergi ke rumah Yuli.
Jam 16.30 kita ke Pantai lagi sekalian mo ke rumah Yuli liat upacara midodareninya Yuli. Dalam istilah sana, Korontigi. Upacaranya dimulai dari sungkeman, trus orang tua kasih ulekan daun pacar ke telapak tangan Yuli. Semua orang yang dianggep tua kasih ulekan daun pacar itu tanda mereka 'blessing the bride'. Abis mereka kasih itu ke tangan Yuli, mereka boleh lemparin beras kuning ke Yuli. Untuk lemparin beras ini sapa aja boleh ngelakuin, tapi kalo kasih ulekan daun pacar itu, hanya orang-orang yang dianggap tua. Trus juga mereka yang belum nikah boleh minta ulekan daun pacar itu. Tadinya, aku disuruh ma Yi Wen, tapi aku bilang, kita dah merit jadi ga boleh. Baru dia ngerti. Kita juga disuruh sama kakaknya Yuli, trus aku bilang, "Aku dikasih, Nana juga dikasih, gimana?" Dia ketawa. Tapi ternyata dia juga mau, hahahahahaha.... Yuli bagus baget pake baju adat itu. Manglingi juga.
Abis acara itu, kita makan. Makanannya enak. trus pengen coba kue-kue dari tokonya mamanya Yuli, tapi kebanyakan dah abis, lagian kita dah kenyang, jadi ambil sedikit aja.
Oh iya, jadi inget...Waktu itu aku pernah nonton Wisata Kuliner yang Makasar. Trus Pak Bondan ke toko kue tradisional. AKu lupa namanya. Waktu sampe hotel dan dikasih kue kota sama Victor dengan judul "Mama" aku agak samar inget Wisata Kuliner itu. Ternyata kata Oki emang Pak Bondan ke toko kue mamanya Yuli. Oooo....
Di akhir acara ada yang nyanyi. Anak temen ortunya Yuli. Suaranya bagus banget. AKu ma Norman jadi ga pede. Akhirnya kita bilang ke kakaknya Yuli, "Dia aja deh yang besok nyanyi. Gimana?" Kata kakanya Yuli, "Maksud lo?" Hehehe....
Pulangnya kita ke gereja karena mo latian ama organis, karena aku ma Norman belum latian sama sekali. Ternyata udah pada pulang. Norman sama sekali belum tau lagunya. Jadi aku kasih pinjem HPku buat dia belajar.
Sampe di hotel, zzzzz....zzzz...zzz.... karena besok mesti berangkat 5.30 untuk dandan. tapi ga tau kenapa, jam 4 udah bangun dan ga bisa tidur lagi. Tapi sempet ketiduran dan bangun waktu weker bunyi jam 5.
Jam 5.30 aku berangkat bareng mamanya Victor dan tante Gie (saksi) untuk dandan. Tadinya mo bilang kalo aku minta duluan, tapi ternyata cepet juga. Aku pengennya diurai tapi setengah keriwil, tapi dibikinnya semua kerowol (keriwil besar :-p) Aku ga suka, tapi males mo ngubah-ngubah lagi, makan waktu. Tapi aku baru tau, mamanya Victor pikir aku ga keburu disanggul, makanya diurai, padahal memang aku pengen diurai.
Sampe di gereja tepat jam 8, tapi Norman dan organis belum dateng. AKhirnya Norman dateng dengan panik karena lagu "Through The Year"-nya belum pati bisa. Aku coba tenangin tapi tetep panik. Jam 8.25 organis baru dateng.
Misa mulai. Tante organis teh mau-maunya sendiri, jadi agak sebel juga. Udah disuruh berenti masih juga nyanyi bait 2, padahal udah pas. Ah tapi sapa aku, bisi salah. Pas nyanyi Through The Year, ngaco abis. Norman belum terlalu bisa, aku jadi sedikit blank. Wah kesian, padahal itu lagu temanya. Jadi ga enak sendiri. Tapi pas lagu Selamanya dah bisa ngendaliin diri. Mungkin karena nyanyi sendiri juga, jadi ga terlalu grogi. Waktu bareng Norman kan grogi juga..ga pede karena Norman suaranya keras banget padahal belum terlalu apal.
Kebanyakan lagu di buku misa diganti ato ditambah sama tante organis (tante Fance). Trus aku disuruh nyanyi lagu yang di CD. Katanya aku bisa, tapi waktu aku tanya lagunya apa, dia ga tau. Dia bilang pokoknya aku bisa. Nah lho, lagu apa tu? Akhirnya kita nyanyi lagu "Our Father" Aku ma Norman sama modelnya, si tante beda, jadi dia pusing sendiri, hehehehe....
Abis misa selesai, ramah tamah. Kita berdua langsung mojok dan makan semua stand, hehehehe...Yang paling enak es krim buatan mamanya Yuli. Sate nya juga enak. Pas lagi nyoba ini itu, ada suster dari Flores ngomong kalo suaraku bagus. Duh..jadi malu. Trus ngobrol ngalor ngidul dikit, sampailah dia pada pertanyaan "Kamu orang mana?" Ya aku jelasin, kalo kita dateng dari Balikpapan. Sebenernya kita orang Bandung, trus pindah ke Banjarmasin dan Balikpapan. Dia nanyain asalku, ya aku bilang kalo aku orang Jawa. eeeh...susternya bilang, aku mirip orang Pakistan atau India. Dan dia ngomong itu ga cuma sekali, tapi beberapa kali. Daaaan...dia bilang juga ke orang-orang kalo aku orang Pakistan, hahahahahaha....
Abis makan trus foto-foto, trus pulang ke hotel. Sampe di hotel, Aa tidur nyenyak banget. Rencana mo pergi jam 4 jadi jam 5 lebih. Kita jalan ke Hawker Center, makan Pisang Epe Durian ma Keju sama Es Pisang Ijo. Banyak banget, jadi kenyang. Trus kita berdua pulang da Victor mo jemput untuk makan malem. Pas sampe hotel, ketemu ma Felix, kakaknya Victor. Cerita-cerita, seru. Trus makan malem, makan ikan di Apong. Ikannya enak-enak dan seger banget, tapi karena aku ga terlalu suka ikan bakar, jadi makan cumi sama udang aja yang banyak. Pulang makan, kita jalan lagi ke Hawker Center bareng Oki, Wita, ma Angga. Yi Wen di hotel soalnya flu. Malem Minggu, jadi rame banget. Kita jalan sampe jam 12 malem.
Besoknya aku ma Aa telat bangun, jam 8 baru bangun. Trus beberes trus sarapan. Dah ada Angga ma Oki da Angga kudu berangkat pagi. Abis Angga pergi, kita bertiga jalan-jalan. Cape juga, dari jam 9 sampe jam 12an. Liat oleh-oleh di jalan Somba Opu. Oki ma Aa dah cape, sementara aku masih pengen beli ini itu balik ke toko pertama. Tapi akhirnya balik ga ke toko pertama, tapi ke toko terakhir aku nawar songket ga dikasih harga yang aku mau. Abis pada cape, jadi ya ga enak. Abis itu balik ke hotel. Ternyata Yi Wen ma Wita pergi beli kain sutra asli. Hiks...pengen juga, tapi harganya pasti mahal banget. Trus kita makan konro. Yi Wen liat aku punya nampan, dia pengen juga, jadi aku kasih tau kalo Oki tau tempatnya dimana. Kita jadi ketawa-ketawa soalnya inget aku nawar keukeuh banget, ga dikasih, pergi, tapi balik lagi, hehehe...Kita makan konro, tapi aku rada ga selera. Mungkin karena ada Yi Wen, jadi aku ga enak hati juga ga ngomong. Minder. Tapi emang enakan Daeng Tata di Jakarta.
Dari situ jalan-jalan sampe ke Gowa. Trus balik ke hotel karena dah mo pulang.
15.30 aku, Aa, tante Gie dan Om Gie pergi ke bandara. Pengennya tinggal lebih lama, tapi ga enak kalo ninggalin Aa lama-lama. Jadi...hari itu sampe disitu. Berangkat 17.10 balik ke Balikpapan. Sedih juga ya ninggalin Makasar.

No comments: